Menangkap Ide Tulisan #2

Bagaimana saya mendapatkan ide tulisan selama ini?Sebagian besar ide muncul dari kejadian di sekitar saya, baik berupa pengalaman pribadi maupun orang lain. Tetapi ide bisa juga muncul dari pihak lain, terutama jika menulis atas pesanan atau mengikuti lomba.
Beberapa waktu lalu, saya mengikuti grup menulis dengan anggota terbatas. Pembimbingnya adalah sahabat saya, seorang penulis senior. Beberapa metode ini ternyata bisa menghasilkan cerita yang menarik dan beragam.

1. Gambar
Ternyata ide bisa muncul dari gambar (foto, lukisan, poster, dsb) yang kita lihat. Agar terbentuk cerita utuh, kita bisa menggunakan 3 gambar yang berbeda. Awalnya, cara ini hampir mustahil saya lakukan, tetapi dengan bimbingan sahabat saya itu, olala ternyata saya bisa menulis satu cerpen berdasar 3 gambar tersebut.

2. Kalimat yang menarik
Sebuah kalimat yang menarik, ternyata bisa menjadi ide cerita. Saat itu, kami disuruh memilih satu kalimat yang paling menarik. Saya pun memilih kalimat yang saya sukai (saya tertarik dengan nama tokohnya). Kalimat yang saya pilih mengandung kata jenis kain tertentu. Saya mencari info tentang kain tersebut (mengandalkan Om Google :) ) sebanyak dan sedetail mungkin. Berdasarkan riset kecil-kecilan itu, ternyata satu kalimat yang dilemparkan ke saya berhasil menjadi satu cerpen remaja. Jadi, ketika menemukan kalimat yang menarik, catat, endapkan, dan biarkan imajinasi bermain bebas di kepala kita. Dan jangan kaget jika tahu-tahu sebuah cerpen (bahkan mungkin juga novel) berhasil kita selesaikan.

3. Benda-benda di sekitar kita.
Majalah, koran, televisi, bahkan kalender bisa menjadi pemantik ide. Cukup melihat benda tersebut, kemudian biarkan imajinasi kita bermain. Beberapa teman saya di grup berhasil membuat  cerita yang menakjubkan melalui cara tersebut. (Untuk yang satu ini, saya ternyata mentok :B )

4. Percakapan 
Melalui percakapan yang kita dengar, baik dari suami, tetangga, anak, bahkan orang lewat di depan rumah ternyata bisa menjadi ide menulis juga. Jadi, jika kita kehabisan ide, bukalah telinga kita dan siapkan catatan untuk merekam percakapan yang kita dengar. Kalau perlu, duduk di depan rumah dan dengarkan percakapan orang yang lewat :D

5. Benda yang kita lihat pertama kali saat keluar rumah, kejadian sesaat setelah bangun tidur, bahkan masakan kita, semua itu bisa menjadi ide tulisan yang menarik.

Bagaimana dengan kalina? Dari mana menemukan ide tulisan? Please, share. 

Komentar