Genre Buku

koleksi pribadi

Beberapa pertanyaan masih sering bermunculan tentang genre buku. Tak sedikit yang masih bingung membedakan karya fiksi dan nonfiksi. Sebenarnya, genre buku bisa disederhanakan dalam 3 kategori besar. Tetapi seiring berkembangnya imanjinasi para penulis, masing-masing genre telah berkembang dalam sub-sub genre. Saya sendiri sempat bingung dengan banyaknya subgenre yang ada. Hingga akhirnya memutuskan untuk mencari dari berbagai sumber.
Dari berbagai situs dan blog, saya menemukan perbedaan kategori (terutama dalam masalah subgenre). Apa yang saya tulis ini juga sebatas pengetahuan dan hasil blogwalking. Silakan memberi masukan jika berkenan.

Secara garis besar, pembagian genre buku itu hanya ada 3:
1. FIKSI: cerita hasil imajinasi penulis/pengarangnya. Jadi semua kejadian di dalam buku itu hasil khayalan atau rekaan sang penulis. Bukan kisah nyata, meskipun tetap harus bisa diterima secara logika. Fiksi bisa berupa novel, cerpen, puisi.

2. NONFIKSI: isi buku tersebut bukan hasil rekaan penulis. Apa yang tertulis berdasarkan data, penelitian, sumber yang sahih. Contoh buku nonfiksi: buku psikologi, parenting, pengetahuan, ensiklopedi, motivasi, dsb.

3. FAKSI: kisah nyata yang ditulis kembali dalam bentuk cerita atau ada tambahan-tambahan dialog dari penulisnya. Bisa juga sebuah kisah nyata yang diceritakan dari sudut pandang tertentu, misalnya dari sudut pandang selembar daun, seekor semut, atau yang lain. Faksi banyak saya temukan dalam kisah-kisah Nabi, para sahabatnya, dan para tokoh. Lebih banyak ditemukan dalam genre buku anak.

Di antara ketiga pembagian itu, genre NOVEL paling banyak mempunyai subgenre. Di antaranya:
1. Romance
2. Misteri
3. Crime
4. ChickLit
5. TeenLit
6. Fantasy
7. Historical Fiction
8. Horror
9. Science Fiction
10. Suspense/ Thriller

11. Young Adult
12. Children

Subgenre novel ini masih memiliki sub-subgenre yang cukup variatif. Silakan baca di postingan Genre Buku #2

Komentar